OBJEK WISATA INDAH DI MURUNG RAYA KALIMANTAN TENGAH

WISATA DI MURUNG RAYA


Kabupaten Murung Raya adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Puruk Cahu. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Barito Utara pada tahun 2002 dengan luas wilayah 23.700 km² dan berpenduduk sebanyak 97.029 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Semboyan kabupaten ini adalah "Tira Tangka Balang".

Beberapa potensi wisata alam yang terdapat di Murung Raya, diantaranya :

1. Gunung Bondang
secara geografis, keberadaan Gunung Bondang cukup unik karena menjadi satu-satunya Gunung yang menjulang tinggi bukan saja di Kabupaten Murung Raya tetapi di Provinsi Kalimantan Tengah. Puruk Bondang memiliki 2 Puncak tertinggi yaitu Karewa (1410 m dpl) dan Puncak Lapak Pati (1400 m dpl) dengan beberapa anak puncak. Di antara beberapa puncak tersebut ada 3 puncak lainnya seperti Uwoi Pungkung, Anak Uning dan Tintai Tamiang dengan ketinggian di bawah 1400 m dpl. Gunung Bondang sendiri adalah Ikon Kabupaten Murung Raya (Mura) yang dijuluki Tana Malai Tolung Lingu. Wilayah gunung ini menyimpan potensi alam yang luar biasa. Bukan saja flora dan faunanya yang masih terjaga keasliannya, potensi wisata seperti Air Terjun dan goapun bisa dijumpai disini. Mulai dari desa kolam, desa Saruhung hingga ke Puruk Batu Bondang. Untuk air terjun terbesar di antaranya yaitu air terjun Ongkong Kongkai dan Gua Mahaju. Semua kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten ini bisa menjadi sumbangan bagi ilmu pengetahuan.

2. Gunung Muller-Schwaner
Pegunungan Muller-Schwaner terletak di bagian Selatan kawasan Heart of Borneo, tepat di batas antara Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Sebagai sumber air dari sungai-sungai besar di Kalimantan dan merupakan daerah resapan, yang memiliki keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Pegunungan ini merupakan tempat tumbuh berbagai ribuan jenis tumbuhan, dan sekitar 35% dari spesies-spesies tersebut merupakan tumbuhan yang hanya ditemukan di Kalimantan. Pegunungan ini juga merupakan tempat habitat alami binatang-binatang Kalimantan yang sudah langka seperti Orang Utan, Leopard Abu-abu dan Beruang Madu. Masyarakat lokal hidup di daerah ini beradaptasi dengan lingkungan selama ribuan tahun. Meskipun desa-desa dan pemukiman di daerah ini pada umumnya terisolasi, beberapa desa diperkirakan telah berumur ribuan tahun. Tumbang Tohan, misalnya diperkirakan telah ada sejak abad ke-5 sebelum Masehi.

3. Bukit Batikap
Bukit Batikap merupakan keajaiban lain dari Kabupaten Murung Raya. Berada di hulu Sungai Barito, bukit ini merupakan tempat berbagai macam jenis tumbuhan dan binatang. Terletak di dekat Desa Tumbang Tohan, puncak bukit ini menjulang mencapai ketinggian 1.400 m dpl, dengan pemandangan yang indah ke arah hamparan hutan dan barisan pegunungan yang ada di sekitarnya. Bukit Batikap telah menarik perhatian para pecinta alam lokal dan internasional dan telah menjadi tempat penangkaran hewan langka Kalimantan seperti Orang Utan.

4. Bukit Pasir Putih/Bukit Tengkorak : Bukit Pasir Putih merupakan tujuan wisata lain yang menakjubkan di Murung Raya. Berada di puncak Bukit Tengkorak, Bukit Pasir Putih menghadirkan panorama pemandangan alam yang menakjubkan. Karena lokasinya berada di pertengahan jalan antara Kecamatan Tanah Siang dan Kecamatan U’ut Murung, Bukit Pasir Putih merupakan tempat perhentian persinggahan/peristirahatan yang favorit bagi orang-orang yang melakukan perjalanan menuju atau dari berbagai tempat wisata di wilayah Utara Kabupaten Murung Raya.

5. Gunung Kolompai
Gunung ini terletak hanya beberapa kilometer dari Kelurahan Saripoi dan hanya sekitar 1 jam berkendaraan dari Puruk Cahu, tidak hanya memiiliki pemandangan alam yang indah, tetapi juga merupakan tempat yang bagus untuk hiking dan panjat tebing.

6. Gunung Danau Usung
Gunung Danau Usung ini juga menawarkan daya tarik serupa dengan Gunung Kolompai. Gunung ini merupakan salah satu tempat terdekat untuk hiking dan berkemah.

7. Air Terjun Bumbun
Air terjun Bumbun merupakan salah satu air terjun tertinggi di Murung raya. Air terjun ini berada di sungai Bumbun, sungai yang bermuara ke sungai Barito. Meskipun terletak 100 Km dari Kota Puruk Cahu, tempat ini bisa dijangkau dengan menggunakan mobil atau sarana transportasi darat jenis lain seperti sepeda motor. Sebagai tempat yang popular untuk berekreasi, tempat di sekitar air terjun ini sering digunakan oleh para pejabat tinggi pemerintah Kabupaten Murung Raya untuk melakukan aktivitas-aktivitas perkemahan.

8. Air Terjun Tosah
Air terjun dengan tinggi sekitar 15 meter ini memang indah. Alur air terjun terbagi menjadi 3, dua besar dan 1 kecil, besarnya air akan makin banyak ketika musim hujan. Di bawah jatuhnya air terbentuk kolam alami untuk mandi, namun dinginnya air membuat tidak tahan berlama-lama untuk mandi di situ, di sebelah kiri akan terasa embun atau percikan air terjatuh ke batu membuat terasa sejuk dan pakaian jadi basah. Pemerintah sudah meresmikan dan mengelola air terjun ini sehingga menambah kenyamanan para pengunjung yang ingin berwisata di tempat ini. Air terjun ini sudah mulai ramai oleh wisatawan lokal maupun luar daerah khususnya pada hari-hari besar dan hari minggu, bahkan tempat ini dapat dijadikan objek wisata andalan dan menjadi destinasi wisata masyarakat Murung Raya.

9. Wisata Air Terjun Apui Nyalu
Obyek wisata ini menawarkan kepada pengunjung wisata air terjun dan pemandangan yang hampir sempurna dan merupakan tempat yang sangat menyenangkan untuk pengunjung yang ingin merasakan derasnya dan dinginnya air terjun yang satu ini, di sekitarnya terdapat 4 (empat) buah gazebo untuk tempat pengunjung bersantai dan menikmati sejuknya udara pepohonan sekitar atau pun sekedar melepas lelah setelah bermain air atau mandi di bawah air terjun Apui Nyalu ini. Obyek wisata ini terletak tidak jauh dari kota Puruk Cahu yaitu sekitar 10 km atau kurang lebih 30 menit sampai lokasi ini. Transportasi yang dapat digunakan adalah mobil atau sepeda motor.

10. Wisata Air Sungai Soko/Mantibab
Obyek wisata sungai ini terletak di Km 8 jalan Puruk Cahu-Puruk Batu. Air terjun sungai Soko/Mantibab, saat ini dimanfaaatkan sebagai sumber baku PDAM Kota Puruk Cahu. Di obyek wisata ini juga terdapat danau yang indah dan airnya sangat bersih dan bening. Bagi wisatawan yang ingin menikmati alam yang asri, obyek wisata ini menawarkan hal tersebut.

11. Air Terjun Sanggrahan atau Liang Pandan
Obyek wisata air terjun Sanggrahan terletak di Kelurahan Beriwit atau jalan Puruk Cahu menuju desa Sungai Lunuk. Air Terjun ini memiliki ketinggian 3 meter dan merupakan anak sungai Beriwit. Di dekat obyek wisata ini terdapat Obyek wisata Liang Pandan berbentuk Goa batu tempat bersarangnya Kelelawar, Sangat indah dan mempesona untuk tempat rekreasi keluarga.

12. Air Terjun Balatung
Air terjun ini mungkin merupakan tujuan wisata paling menakjubkan di Kabupaten Murung Raya. Terletak di daerah terpencil di Kecamatan U’ut Murung, kehidupan alam di daerah ini hampir seluruhnya asri dan tidak tersentuh oleh manusia. Air terjun yang menakjubkan ini merupakan tempat bagi berbagai jenis ikan air tawar asli Kalimantan. Berlimpahnya ikan air tawar di tempat ini membuatnya menjadi salah satu tempat memancing terbaik di Murung Raya. Di samping itu, tempat ini juga merupakan tempat yang bagus untuk arung jeram. Meskipun tempat ini agak jauh dari ibukota Kabupaten, namun masih bisa dijangkau.

13. Air Terjun Dirung Duhung
Obyek wisata Dirung Duhung adalah obyek wisata air dengan pemandangan alam yang indah dan menawan, di tempat ini terdapat 6 buah gazebo dan satu gedung pertemuan yang lumayan besar. Disini biasanya digunakan sebagai tempat untuk berkemah baik oleh instansi pemerintah maupun anak-anak sekolah. Obyek wisata Dirung Duhung terletak di Kecamatan Tanah Siang, dan hanya ± 1 km dari Desa Saripoi atau 22 km dari kota Puruk Cahu (± 1 jam perjalanan). Untuk menuju obyek wisata ini pengunjung dapat menggunakan mobil atau sepeda motor.